Warning: include(/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/plugins/different-posts-per-page/defines.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/yusril/public_html/yusril/wp-settings.php on line 2

Warning: include(): Failed opening '/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/plugins/different-posts-per-page/defines.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/yusril/public_html/yusril/wp-settings.php on line 2
PENAYANGAN LAKSAMANA CHENG HO | Yusril Ihza Mahendra
|

PENAYANGAN LAKSAMANA CHENG HO

Bismillah ar-Rahman ar-Rahim

IMG_2949Seperti telah diberitakan sebelumnya Film Serial Laksamana Cheng Ho telah ditayangkan episode pertamanya di Metro TV malam minggu yang lalu. Selanjutnya film serial ini akan mengudara setiap malam minggu pukul 21.30 WIB. Beberapa stasiun televisi lokal juga ada yang merelay siaran Metro TV, sehingga mereka yang tidak memiliki parabola atau berlangganan TV kabel di berbagai daerah yang tak terjangkau siaran, dapat pula menyaksikan tayangan fim ini. Makin banyak yang menyaksikan, bagi saya akan makin bagus. Insya Allah, dvd film serial ini juga akan diproduksi, usai tayangan tiap episode di Metro TV. Dengan demikian, mereka yang tidak sempat menonton televisi, dapat menyaksikannya melalui DVD di tempat masing-masing.

Promosi film serial ini telah dilakukan baik oleh Metro TV maupun oleh produser. Saya menyaksikan beberapa iklan yang muncul di harian ibu-kota. Metro TV juga menayangkan iklan pemutaran film ini. Acara Kick Andy juga secara khusus menampilkan beberapa pemain film ini, khususnya artis dari negeri kita sendiri, yakni Slamet Rahardjo, Nurul Arifin, Betharia Sonata dan saya sendiri. Artis China, Hong Kong dan Thailand yang juga memainkan peranan penting dalam film serial ini, tak sempat dihadirkan. Maklumlah mereka tinggal di negara mereka masing-masing. Mereka juga tidak pandai berbahasa Indonesia, sehingga sulit juga untuk tampil dalam acara Kick Andy. Namun sebagai promo, saya kira, apa yang dilakukan melalui acara Kick Andy sudah lumayan juga. Setidaknya para penonton di tanah air, memperoleh informasi mengenai latar belakang pembuatan film ini, serta pesan yang ingin disampaikan melalui kisah yang difilmkan.

Seperti pernah saya kemukakan dalam artikel sebelumnya di blog ini, film serial Laksamana Cheng Ho atau Admiral Zheng He, mengisahkan perjalanan hidup sang laksamana sejak lahir sekitar IMG_2784tahun 1370 Masehi hingga wafat di tahun 1432. Cheng Ho yang nama aslinya adalah Ma He – dalam Bahasa Arab adalah Muhammad Siddiq – lahir dari keluarga Cina Muslim kebanyakan di Provinsi Yunnan, dekat perbatasan Vietnam sekarang ini. Ayahnya yang bernama Ma Hazi atau Haji Ma adalah pemuka sebuah kampung. Dalam situasi yang bergolak Ma Hazi didaulat oleh penduduk sekitar untuk memimpin perlawanan terhadap Kaisar Ming yang kedua, dan beliau tewas dalam sebuah pertempuran. Ma He kecil, sangat sedih dengan kematian ayahnya dan sangat prihatin dengan ibu dan dua adik perempuannya yang ditawan dan akan dibunuh. Sebab itulah, dia merelakan dirinya untuk dikebiri, dengan imbalan ibu dan dua adiknya dibebaskan. Jendral Poh Yu Te yang memimpin pasukan Ming di Yunan, memenuhi permintaan Ma He. Dia dikebiri dan harus ikut menjadi abdi dalem istana. Ibu dan adik-adiknya dibebaskan.

Ma He yang taat menjalankan agama Islam dikenal sebagai kasim – sebutan bagi orang yang dikebiri – yang sangat rajin belajar dan berdisiplin tinggi. Berbeda dengan ayahnya yang berperang melawan IMG_2929Ming, Ma He ikut milisi untuk membela Ming. Karena prestasinya, dia diangkat menjadi pembantu terdekat Pangeran Ming Chui Ti, dan pindah ke sebuah puri – yang belakangan menjadi Kota Terlarang – di kota Beijing. Sejarawan China menyebutkan Ma He sering datang ke Mesjid Niuw Che, mesjid tertua di Beijing yang dibangun oleh dua imam dari Persia yang menyebarkan agama Islam ke China pada abad ke IX Masehi. Mesjid Niew Che yang masih ada sampai sekarang dan menjadi mesjid antik bergaya kelenteng adalah mesjid yang dilindungi oleh Pemerintah China, dan dijadikan sebagai monumen Islam di Negeri Tiongkok. Saya sendiri beberapa kali bersembahyang, termasuk sembahyang Jum’at di mesjid ini yang khutbah dan pengajiannya dilaksanakan dalam Bahasa Mandarin.

Di Beijing Cheng Ho akhirnya menjadi penasehat Pangeran Ming Chui Ti yang suatu ketika menjadi sangat marah, karena ayahnya menunjuk cucunya –yakni putra dari pangeran pertama yang wafat — menjadi kaisar. Ming Chui Ti adalah pangeran kedua yang menurut tradisi China akan menjadi kaisar jika pangeran pertama meninggal IMG_2937lebih dahulu. Kaisar baru, Chu Yu Wen, yang masih muda, ternyata banyak melakukan kekejaman, yang membuat Pangeran Ming Chui Ti tambah marah, sehingga akhirnya dia memberontak melawan Kaisar. Dia menunjuk Ma He sebagai panglima perang dan mempimpin penyerbuan dari Beijing ke Nanjing yang ketika itu menjadi ibukota Kekaisaran Ming. Menurut sejarawan China, jarak antara Beijing dengan Nanjing waktu itu dapat ditempuh dengan kuda yang berlari kencang selama 23 hari perjalanan. Dalam sejarahnya, Ma He memimpin 30 ribu pasukan menggempur Beijing selama tiga tahun, sampai akhirnya mereka memenangkan pertempuran. Pangeran Ming Chui Ti akhirnya berhasil merebut tahta. Dalam sejarah China, Ming Chui Ti dikenal dengan julukan Kaisar Yong Le atau Yung Lo, yakni kaisar terbesar dalam sejarah China. Ma He yang kemudian diberi marga baru Zheng atau Cheng– yang akhirnya memakai nama Zheng He atau Cheng Ho – praktis menjadi orang kedua di kekaisaran Ming. Ketika ibukota Ming pindah dari Nanjing ke Beijing dan membangun Forbidden City sekarang ini, maka Kaisar Yong Le mengendalikan pemerintahan dari Beijing dan Cheng Ho mengendalikan pemerintahan dari Najing sebagai wakil Kaisar. Peristiwa ini terjadi menjelang akhir hayat Kaisar Yong Le, setelah Cheng Ho kembali dari pelayaran yang ketujuh menjelajahi pantai timur benua Afrika.

Mengapa Cheng Ho berlayar mengarungi samudera luas sampai ke benua Afrika itu? Setelah Pangeran Ming Chui Ti merebut takhta, dia dan Cheng Ho masih memerlukan waktu beberapa tahun untuk Cheng Ho Jump 018menyatukan dan membangun ekonomi Tiongkok. Setelah semuanya berjalan, Kaisar bertanya kepada Cheng Ho, apa lagi yang harus mereka kerjakan. Cheng Ho menjawab, inilah saatnya kita membangun perdamaian dunia dan menjadikan Tiongkok sebagai pemimpin dunia. Untuk mencapai rencana itu, Cheng Ho mengusulkan agar Kekisaran Ming membangun armada angkatan laut yang besar dan kuat agar mereka dapat menjelajah dunia dalam membangun persahabatan, perdamaian dan kerjasama dengan bangsa-bangsa lain. Walaupun rencana ini ditentang oleh Menteri Keuangan Liu Taxia dan beberapa jenderal, namun Kaisar setuju. Kaisar memutuskan menunjuk Cheng Ho menjadi laksamana yang memimpin angkatan laut kekaisaran dengan misi membangun perdamaian dan menyelesaikan konflik di seluruh dunia. Sejak itu, Cheng Ho berubah dari panglima angkatan darat, menjadi panglima angkatan laut.

Enam tahun lamanya Cheng Ho membangun 320 armada dan merekrut 28.000 prajurit angkatan laut dan melatih mereka. Setelah semuanya siap, sebelum berlayar, Cheng Ho sengaja datang berziarah ke makam Saad bin Abi Waqqash – salah seorang sahabatCheng Ho Jump 023 Nabi Muhammad S.a.w yang ikut ke hijrah ke Negeri Habsyi dan wafat di Tiongkok — di Guang Zhou. Cheng Ho mungkin ingin mengenang sahabat Rasulullah itu karena beliau adalah salah seorang sahabat dekat Rasulullah yang berlayar begitu jauh dari Habsyi – Ethiopia sekarang ini – menuju daratan Tiongkok. Peristiwa itu terjadi sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Kisah tentang Saad bin Abi Waqqash ini mengindikasikan bahwa Islam telah disebarkan di Tiongkok pada saat Rasulullah S.a.w masih hidup. Walaupun makam Saad sampai sekarang masih misterius. Sebagian sejarawan mengatakan Saad kembali bergabung dengan Rasulullah di Madinah, namun sebagiannya lagi mengatakan tidak. Saad tak sempat ikut hijrah ke Madinah, sampai beliau wafat tetap berada di Guang Zhou.

Dalam sejarahnya, Laksamana Cheng Ho memimpin delapan kali missi muhibah pelayaran mengunjungi banyak negara di zaman itu. Dia sama sekali tak ingin menggunakan kekuatan militer untuk memaksa negara lain mengikuti kemauannya. Cheng Ho bersikap Lampung Cheng Ho 056persuasif mengajak negara-negara lain untuk menyelesaikan konflik secara damai. Dia berusaha mendamaikan antara Majapahit dengan Blambangan, antara Ayuttaya dengan Swarnabhumi, antara Majapahit dengan Melaka dan membantu banyak negara dengan bantuan teknis militer, perdagangan, industri, pertanian dan kesehatan. Cheng Ho juga membawa misi mengamankan laut, khususnya Selat Malaka, agar alur pelayaran timur dan barat dapat berjalan dengan lancar. Untuk itulah dia membantu Melaka membangun pangkalan angkatan laut, melatih militer Melaka dan menampatkan sekitar 600 penasehat militer di Bandar Melaka. Cheng Ho berhasil meyakinkan Melaka, bahwa Dinasti Ming dari Tiongkok takkan mengulangi ekspansi dan penjajahan – seperti pernah dilakukan Dinasti Yuan – yang pernah memaksa Ken Arok dari Kerajaan Kediri agar takluk kepada Tiongkok. Cheng Ho ingin membangun kemitraan dan kerjasama dengan negara lain, dengan tetap menghormati kedaulatan negara itu.

Di luar missi resmi yang diemban atas perintah Kaisar, Cheng Ho dan nakhoda kapal induknya Wang Ching Hong – yang makamnya ada di Semarang dan dikenal dengan sebutan Panembahan Dompu Awang atau Kiyai Jurumudi – membawa misi pribadi mereka untuk menyebarkan agama Islam. Raja Parameswara dari Melaka adalah raja Melaka pertama yang memeluk agama Islam atas ajakan Laksamana Cheng Ho. Sejak itu Parameswara mengganti namanya menjadi Sultan Iskandar Syah dan mengubah Melaka dari kerajaan Hindu menjadi kesultanan Islam. Wang Ching Hong setelah pelayaran ketujuh memutuskan untuk tinggal di Semarang dan pensiun sebagai nakhoda. Wang Ching Hong yang hafal Qur’an dan pandai berbahasa Arab dan Persia, bergabung dengan Sunan Bonang menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah, sampai ia wafat dan dimakamkan di tempat yang kemudian berdiri Kelenteng Sam Po Kong di kota Semarang.

Kisah Laksamana Cheng Ho sangatlah panjang. Bukan saja kisah misi muhibah perdamaian yang dijalankannya, tetapi juga kisah IMG_0001intrik politik di Kekaisaran Ming sendiri. Khususnya intrik yang dilakukan Menteri Keuangan Liu Taxia dan Jendral Ma Kwee yang terus-menerus menentang misi pelayaran Cheng Ho. Dalam film serial ini juga dikisahkan beban psikologis yang berat yang dialami Cheng Ho sebagai seorang kasim yang dikebiri. Dia pernah menaruh hati dengan seorang gadis Muslimah bernama Sin Hwa, namun apa daya dia telah menjadi kasim. Namun walaun menderita secara psikologis, dia tetap bersyukur kepada Allah, karena semua itu mengandung hikmah bagi dirinya. Pada episode ke 24 dari film ini – yang selurunya ada 30 episode – dikisahkan dialog antara Cheng Ho dengan Kaisar Yong Le mengenai kebijakan setiap dinasti untuk mengebiri setiap petugas istana itu. Kaisar nampak bingung mengenai tradisi yang telah berlangsung selama 2500 tahun itu dan menunjukkan empati yang dalam atas mereka yang dikebiri. Kaisar menyadari bahwa hal itu bertentangan dengan fitrah manusia, sebagaimana dijelaskan Cheng Ho dengan mengutip ayat-ayat al-Qur’an.

Film serial ini berakhir dengan wafatnya Laksamana Cheng Ho sekembalinya dari menunaikan ibadah umroh di kota suci Mekkah. Cheng Ho wafat di Lautan Hindia di selatan Pulau Sri Lanka pada tahun 1432. Sebelum wafat dia berpesan, agar kalau dia mati, jenazahnya harus ditenggelamkan ke dasar laut sebelum matahari terbenam. Karena sakit Cheng Ho akhirnya wafat dengan tasbih yang jatuh dari tangannya dengan mengucapkan kata La Ilaha illallah. Semua orang menangisi kepergiannya. Hidupnya bagai sebuah legenda. Namun menurut sejarawan China, tak ada anak buah Cheng Ho yang berani membenamkan jenazahnya ke dasar laut seperti permintaannya. Jenazahnya dibawa pulang ke Nanjing dan dia dimakamkan di depan sebuah mesjid dengan sebuah upacara kebesaran militer yang dihadiri oleh Kaisar Ming yang baru yang menggantikan Kaisar Yong Le.

Akhirnya, saya ucapkan selamat menyaksikan film serial versi Bahasa Indonesia yang ditayangkan Metro TV ini, dengan segala kekurangan yang ada…

Wallahu ’alam bissawwab

Cetak artikel Cetak artikel

Short URL: http://yusril.ihzamahendra.com/?p=289

Posted by on Aug 19 2008. Filed under Personal, Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

193 Comments for “PENAYANGAN LAKSAMANA CHENG HO”

  1. Kisah bahwa saya dilindungi oleh Bank Dunia atau tidak kalau saya dulunya ikutserta dalam Program Tiga th.Proyek Jerman dan indonesia (BLK) saya percaya kepada Dia apalagi Program IMF untuk mengangkat soal HAM disuatu negara seperti India karena jika ada Al-qaeda pasti ada pelanggaran(al-Qaeda itu laskar Pangeran Inggris) itu menurut saya sebagai menonton tivi di TV one atau Metro tv

  2. Oh Yach lupa soal keadilan Wilayah-Wilayah, apakah tercebak atau benar2 ada kurasa untuk Wilayah Alexnurdin gubernur terpilih kapan pecat 1 kapolsek dan 1 kodim karena sebagai contoh bagi yang lain ya di politikkan saja seperti KPK, biar pemimpin yang terpilih tegas sampai akar rumput, tanggungjawab ya pusat kenapa terjadi kekejaman kalau dipikir soal perasaan, atau kalau Ada Buruh digandus kecamatan tolong di tutup

  3. Teufilus yang mulia,
    Banyak orang yang banyak menyusun sesuatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi diantara kita,seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka,yang dari semula adalah saksi mata pelayanan Firman. Karena itu setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya,mengambil keputusan.”pendapatku secara pribadi jika nanti aku menang maukah mengakui kekalahan dan bersama membangun dan memiliki rasa tanggungjawab baik soal yang Mulia di Roma ataupun Soal Raja di Mekkah karena melihat sosial tinggi,dengan syarat mau menerima saran atau kritik tajam walaupun saya baru mencoba untuk mengorbit mencari celah demi tujuan kehidupan atau (kematian persi Inggris HAM Al-qaedah). Setelah adanya Pemilukada diindonesia saya mencoba mengabungkan Agama dan politik dalam membuahkan banyak Cheng Ho- Cheng Ho di Asia baik di Eropa tetapi jika saya pernah merasa kalah maka separuh perjalanan akan sia-sia dan saya tidak ikut bertanggungjawab”.

  4. Pak YIM dan kembaran semua dana kampanye tinggal $2.474.252. jadi tinggal 6 harilagi. solusinya cari teman baru yang kepinggin jadi wakil anda atau kalau bisa ganteng aja pohon beringgin/Golkar atau keluarga Sukarno atau keluarga cendana atau keluarga SBY asli” pendapat saya begitu , mudah2 diterima usul saya. kata misi kita mulia, kurasa kalau begitu keturunan Malaikat kalau di dalam Negeri Papua itu masalah adat atau politik copet,rampok begitu menurut saya.amin.

  5. Masalah tanggungjawab badai tsunami Di Aceh atau badai tornado di America menurut saya sekolah gratis perguruan tinggiatau berobat gratis lebih khusus lagi dari pada lumpur panas dari gunung itu semua bencana alam , itu menurut saya sebab lumpur panas hampir sama seperti badai Tornado tidak menelan korban nyawa.

  6. Pak soal dana lagi kalu gensi yang buat saja para negara tetangga berjudi ini bukan judi menurut saya tapi dana perjudian itu membuat lapangan pekerjaan yang Haram Hanyalah kekalahan, dan Pak YIM dan kembaran semua jangan lupa situs ini tidak boleh dimasuki orang lain lagi kecuali pada saat ini, tema nya Film yach soal Ekonomi Global siapa tahu diberi kesempatan oleh bandar Bank DUNIA tunjuk kan saja tulisan saya yang baru tenar lambat laun ya pintar sendiri .

  7. Memang takdir memegang amanah “kitab suci” atau Agama bersatu, yang saya inginkan jangan terpecah belah nantinya banyak rampok atau copet jaga2 agar pondasi tidak seperti sangkar laba2 atau bibit tumbuh di tanah bebatuan.

  8. Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya Tuhan; engkau memagari dia dengan anugrah-Mu seperti perisai. “semoga kita tidak dibodohi atau dibohongi”.

  9. Saya baca di koran hari ini Pakistan & India ada masalah, tolong yang tahu masalahnya sedikit kasih bocoran. oh yach hari ini saya baru tahu dan heran kok masalah presiden negara2 saya menang masalah bupati points terakhir pemilukada sumsel kalah saya heran dan bertanya kepada yang berpengalaman sebab yang saya usung dalam pikiran yaitu pak Czali hanan di lahat.

  10. Pak YIM di Kabupaten lahat Menang atau kalah points terakhir pilkada sumsel, (Pak ALI Ngapo Pilihan bpk kalah) di wilayah Jatim itu di ulang terlambat atau tidak bagaimana aku mau maju memikirkan, kalian coba pikirkan dunia yang aku pikirkan sedikit menang apalagi masalah wilayah atau yang baru terjadi di points terakhir, kalau beritu Pak YIM dan semua kembarannya sebaiknya jadi wapres 2009 dan saya tidak bertanggungjawab soal $1 / 5 s/d 8000 rupiah atau palestina atau Israel berarti saya gagal atau apa menang di points terakhir pemilukada negeri sendiri. kepada YTH, semua yang ingin ikut berjudi sebaiknya jangan tapi kalau sebagai Wapres bisa saja, terima kasih sebab kebingungan atas politik mungkin baru dalam pemilukada. tapi jika ingin dipercaya oleh negara asal jangan anarkis atau ulang udah terlambat. Bisa???? kalau di wilayah jatim ya 1 karena dia wanita 2 mudah di perlakukan semena-mena. jadi percuma di ulang sampai 10x. saya bingung atau rakyat atau elit politik yang bingung jadi ulang yang sudah dilantik atau ikhlaskan saja aku ikut menang, demi suara yang GOLPUT, aku yang berfikir binggung atau politik yang tidak berfikir

  11. Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahanya. Bukalah mulutmu untuk orang yang bisu, untuk hak semua orang yang merana.
    Padaku ada nasehat dan pertimbangan, akulah pengertian, padakulah kekuatan. Karena aku para Raja memerintah, dan para pembesar menetapkan keadilan. Karena aku para pembesar berkuasa juga para bangsawan dan semua hakim di bumi. Aku berjalan pada jalan kebenaran, di tengah-tengah jalan keadilan, supaya kuwariskan harta kepada yang mengasihi aku, dan kuisi penuh perbendaharaan mereka.

  12. Terus terang pada saat melihat filmnya saya ngga nyangka kalau yg main itu Bang Yusril, ketika istri saya bilang itu bang Yusril yg main, saya ga percaya, trus saya tunggu tayangan berikutnya, eh ternyata bener…salut deh…koq bisa yah…

    http://atyaga1177.wordpress.com

  13. Mas Fadjar itu kenyataan buat wilayah sumsel khususnya nggak tahu dikota atau kabupaten mana. tapi menurut saya pribadi itu masalah the Dome of rock atau masjidil Aqso tempat kelahiran Nabi Daud dan tercatat di Kitab kehidupan Kitab Agama Kristen baca pasti tahu saya baca Kita itu th 2000 delapan tahun yang lalu karena pusing saya minta tolong sama Libanon jadi saya menyalahkan diri saya sendiri, mungkin itu semua kebetulan dan tak masuk akal bagi kalian. tapi sekarang sejak pemilukada saya banyak yang menolong soal pikiran” itu mikir doang mas tapi kenyataan, tapi saya kira tidaklagi mungkin buka saya sendiri.

  14. Aku nggak mengerti sih! Kamu semua bincangin apa?? Bisa sapa-sapa terangkan?

  15. @NaNa
    Politik jalan untuk mengambil kursi kekuasaan, atau Perang. karena sang pendekar ingin diujiDibuat lambang (sang diktator) sampai ketingkat buddha sebab kita semua seperti binatang buas(politik sebenarnya) dimanapun negara atau tempat yang diperumpamakan. karena kursi parlemen berjumlah 650 kursi jadi 50% sangat sulit tanpa penggorbanan dan banyak berfikir tajam.

  16. There is good reason to fear that the moment is coming when this conspiracy will turn to the naked use of armed force, as the campaign to overthrow Hamas has escalated in stages. Since his early political life in Chicago, Barack Obama was well-informed about the Middle East and had expressed nuanced views conveying an understanding that justice and fairness, not blinkered support for Israel, are the keys to peace, There are two very basic problems in the report. The first concerns “the fundamental nature of the conflict in Iraq”. The second main problem in the report has to do with the Pentagon’s take on Iranian influences in Iraq. The Department of Defense simply refuses do deal open-mindedly with the possibility of pro-Iranian influences inside the current Iraqi government. expressed deep concern that a draft resolution before the Security Council to expand the mandate of the UN Assistance Mission for Iraq (UNAMI) fails to acknowledge and address meaningfully the grave human rights and humanitarian situation in the country, Nuri al-Maliki’s new security plan for Baghdad grants military commanders sweeping powers to arrest people and restrict their basic freedoms,
    After this work I return home, rest for an hour and leave for my second job as a decorator. Harvesting oranges alone. In the early 1950s after Zionist forces expelled hundreds of thousands of Palestinians from their homeland. hold to account those responsible for the crimes committed under Saddam Hussein’s rule.( Maaf bahasa ini saya tebak pakai insting Injil Yesus karena Aku merasa satu tubuh”Magic Of Me” buat anak yang merindukan Natal).

  17. saya selalu menonton episode2 laksamana cheng ho.tapi akhir2 ini metro tv di tempat saya gambarnya jelek dan kabur,jadi saya tidak bisa melihat episode cheng ho sejak tanggal 6 des 2008.kalau bersedia tolong saya diceritai episode waktu setelah itu.terakhir saya lihat,waktu cheng ho pulang ke istana sehabis pelayaran.TERIMAKASIH’
    SUSES BUAT BANG YIM SLALU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  18. Bung Yusril,
    boleh gak saya tersenyum dulu sebelum berkomentar?
    Begini lho, sebenarnya kemarin2 itu saya bertanya-tanya dalam hati. Kok Partainya Bernama “BULAN BINTANG” ?, seperti di film-film klasik Cina aja, di mana ada KLAN REMBULAN, KLAN BINTANG, dan banyak lagi….

    Nah, sepertinya hal itu sudah ada titik cerahnya setelah adanya film serial Laksamana Cheng Ho. he..he…he….Barangkali aja nama partai bulan bintang itu diilhami dari film-film Cina tersebut, yang mana pendirinya memang suka cerita-cerita Tiongkok.

    Sorry, bung Yusril, ini gak menyalahkan nama partai anda lho, cuma saya penasaran aja.

  19. Assalamu’alaikum Wr…Wb..!

    Wah,,,, Wajib dinikmati ne,,!
    Kapan ya DVD-nya beredar?
    S’moga segalanya bisa terwujud pada pemilihan 2009!
    Mendukung dengan Sepnuh Hati.
    Sukses Slalu.

    Wassalam.

  20. Gabriella Lucy, S.Pd.

    Yth. Bpk Yusril I.M. Saya ingin tanya (brgkali Bpk tahu), kira2 kenapa penayangan serial Laksamana Cheng Ho di Metro TV hanya smp episode 20 aja? Padahal kl sy baca di koran, tabloid & jg blog Bpk, kan ada yg bilang ktnya film itu diproduksi smp episode 26 bahkan ada yg bilang smp epsd 27 atau 30. Kl mmg dmkn, apa mgkn kontraknya dgn Metro TV cuma smp episode 20 aja ya atau ada alasan lain? Sy nonton mulai episode 1-20 nggak pernah bolong walau ada halangan sekalipun. Saat tiba epsd 20, tiba2 ada pengumuman bahwa ini adalah epsd terakhir tayang di Metro TV, sy kaget sb nggak dr awal diumumkan. Kira2 apakah epsd 21-sls ada kemungkinan ditayangkan lagi apa nggak? Kl tdk, sy ingin memiliki copy DVD nya. Saya sdh cari smp keluar kota tapi katanya blm beredar, apa btl? Kapan mulai beredar? Saya mrs kecewa dgn tayangan yg tdk tuntas. Kl punya copy DVD sendiri kan bisa ditonton ber-kali2 smp tuntas. Apalagi kualitas gambar di Metro TV seringkali kurang bagus di kota Salatiga. Kl sinetron lain, sdh sy ganti channel aja, sb bikin mata lelah. Kl yg tayang Laksamana Cheng Ho, nggak mungkin saya ganti sb sy suka dgn figurnya. Betul koq. Cheng Ho emang lain drpd yg lain. Sy tdk sekedar mengaguminya tp jg memujanya. Bukankah dia adalah (kongco) Sam Po Tay Djien? OK pak Yusril,sekiranya ada pihak2 yg bisa membantu saya atau sekedar ingin berkenalan, silahkan kontak nmr hp sy: 0888 248 1388 atau 0856 4077 8710. Alamat surat: Jln. Tegalrejo Permai XII/112 Salatiga 50733 Jawa Tengah. Saya tdk setiap hr buka internet. Tgl 3-1-2009 sy kirim email spt ini tp koq ndk smp ya, pdhl terkirim. Waduh, jgn2 email sy menguap entah kemana nih. Makanya sy ulangi lg ngetiknya. Tolong dibalas ya pak, sy tunggu. Kl tdk sempat balas via blog, di sms jg tdk apa. Sy paham pasti kesibukan pak Yusril sangat padat. Yg penting ada jawabannya drpd tidak sama sekali. Thank you sebelumnya. Mhn maaf apabila ada tulisan sy yg kurang berkenan di hati Bapak.

  21. Gabriella Lucy, S.Pd.

    OK, td saya bahas ttg film yg di-cut epsd tayangnya. Skrg sy mau kasih komentar ttg film kesayangan sy. Mnrt sy, peran pak Yusril sbg Admiral Cheng Ho sangat pas krn Bpk pny “soul” Laks. Cheng Ho. Sy nggak bs jelasin bgmn detailnya tp kl boleh sy bilang ya itu td. Mskipun ada kemiripan wajah atau keahlian tertentu yg mgkn krg lbh sama dgn yg Cheng Ho miliki pd masa itu, tapi kalau tdk ada “soul” ya pasti beda. Produser pasti jeli dong mana pemain yg memiliki soul & mana yg tdk, pasti bs ngerasain. Kan sdh berpengalaman, jd sense-nya scr otomatis pasti timbul. Produser rekaman jg gt koq. Wah, sorry ya, saya koq jd sok tahu nih. Nggak koq. Sy kasih komentar apa adanya menurut feeling sy. Nggak ada yg ditambah & dikurangi. Asli. Btw, sy koq jd kecanduan sm film Cheng Ho, ya. Apa krn sy ini memujanya? Rasanya stlh nggak tayang lagi koq saya jd mrs hampa. Beda lho kl nonton (di-visualisasikan)dgn hanya baca buku riwayatnya aja. Bg sy skrg ini adl “hari2 tnp tayangan Cheng Ho”. Tp sy nggak terus jd malas beraktivitas lho. Cheng Ho tetap hadir di hati saya walau tanpa divisualisasi model apapun. Pak Yusril pasti ingin th apa maksud sy. Sbg pengagum sekaligus pemujanya, sy tetap merasakan sgl sst yg bersifat positive, exclusive & private. Sy pengen banget bs ngomong panjang lebar ttg: positive, exclusive & private. Tp kl di forum ini bs dibaca bnyk org. OK,see you on my next comments.

  22. Hello pak Yusril, apakah Bpk pny info: kapan beredarnya DVD Cheng Ho & dimana aku bisa memperolehnya? Katanya (di blog ini) DVD-nya insyaallah akan segera diproduksi segera setelah tiap tayangan di Metro TV. Aku sudah cari info kemana-mana termasuk ke Kelenteng Sam Po Kong & Tay Kak Sie di Semarang katanya: dr pusat belum diproduksi. Kl nanti misalnya sdh ada, aku dikasih duluan ya pak. Lha gimana lagi wong nggak tahu harganya. Mohon balasan segera di sela2 kesibukan Bpk, nanti keburu basi lho. Kmrn aku krm 2 kali jg blm ada balasannya. Lha mau tanya via sms aku nggak tahu nomer HP-nya. Kl krm ke blog nunggunya lamaaa sekalee. Insyaallah kl Bpk terpilih jd Presiden RI jgn lupa menerapkan management Cheng Ho, ya pak. Pasti jadinya baik, nggak mgkn sebaliknya. Good luck.

  23. Good evening, Mr. Yusril I.M. ,how do you do? Why are you so long in answering my questions & comments? I’m waiting for your answers as soon as possible. Please, I beg you not to forget the figure of Cheng Ho. Is this blog still used? If not, it’s better for me moving my comments to your another blog that was still relating with the topics about the Great Admiral Cheng Ho. I saw in the newest comment lists of this blog, my name (started from Gabriella…) hadn’t been listed here anymore. I think maybe you had read my questions & comments, but you didn’t have the time to answer them yet. OK, don’t worry. I understand about your career (politic, business,etc). I hope you don’t feel uneasy about my comments. You have to know that Cheng Ho is a real hero, not just for certain communities but for me. I had got many kinds of blessings as his adorer but unfortunately I haven’t been able to fulfill what does he want me to do perfectly at this moment. I would feel very lucky if, one day, he ask me to be his close partner (follower). But I believe that God determines everything. So, everyday I always offer my prayer privately to him because I believe that he was the person used by God to become a piece-maker to the world at that time. I feel that he loves me and also to his communities (his admirer & adorers), because he is always presence in my heart through whatever he has done for my better life. OK, I think it’s enough for today and see you next time. Don’t forget to answer this comments. Good luck, Sir.

  24. kreen.. selain anda orang pintar politik, ternyata anda juga vinter acting
    kapan DVD nya lounching???
    knapa ga ditayangkan di bioskop2??
    haturnuhun..

  25. Assalaamu’alaikum Wr Wb
    Prof Yusril/Bang YIM,
    Saya saat ini salah satu CALEG PBB dari Kota Malang. Apa boleh GAMBAR BALIHO/POSTER, saya beri foto Laksamana Cheng Ho? Karena selain saya termasuk pengagum berat anda, foto Laksamana CH bagi saya sangat artistik. Sehingga akan bagus jika back ground poster saya ada gambarnya CH. Bisa dijawab secepatnya gak? Ini sekarang sedang ramai-ramainya orang pasang baliho/poster.
    Trima Kasih.

  26. assalamu’alaykum.

    kapan pak yusril mau produseri film2 (yang benar2) islami? :-)

  27. film nya mantap bagus untuk di tonton,kenapa hanya di metro

  28. A.K. Ismail Maimun

    Salam untuk Bapak Laks Cheng Ho muda,
    Di tengah semaraknya kader-kader instan akhir-akhir ini, saya harap Bapak lebih gencar dalam mendeklarasikan diri sebagai calon presiden RI. Semua orang sudah tidak meragukan lagi integritas dan keperibadian Bapak. Saya kadang tidak habis pikir pada calon-calon presiden sekarang yang tiba-tiba nongol di di Mass Media. kelemahan Bapak cuman belum di dukung oleh partai besar. Saya kira itu bukan satu-satunya alasan bagi Bapak untuk tidak ekspansif. Saya yakin, dari calon-calon yang ada, Bapak paling pantas menduduki kursi RI 1, juga presiden Susilo Bambang Yudoyono, dan Amin Rais.
    selamat berjuang!

  29. Interupsi :
    Kontrak politik 2009 untuk para pemimpin yang terpilih ;
    Sebagai simpatisan di dua partai politik hak saya sebagai warga Negara
    Point 1 (pertama) – kader harus memperjuangkan kejujuran terhadap diri sendiri serta golongannya
    Point 2 (kedua) – kader atau simpatisan harus belajar politik Ninja “ tahu diri, dihargai,percayadiri. Dalam segala hal bersifat tidak aniaya apalagi zholim terhadap partai atau Negara lain “jangan menyalahkan oranglain” serta berjiwa pemimpin.
    Point 3 (ketiga) -partai diisi dengan point diatas untuk memcari pemimpin-pemimpin masyarakat untuk rakyat yang sudah teruji dan menepati janji” tidak ikutserta dalam kanca politik. Serta mencari jalan kerja sama dengan militer dan polri sebagai penengah antara parlemen & Negara.
    Point 4 (keempat) -negara & Agama mengakui kebebasan berpolitik serta Agama dan mendukung menghapuskan tekanan atau penjajahan diatas Dunia dan menjunjung tinggi pasal 28 UUD’45 untuk kepentingan politik di seluruh dunia.
    Point5 (kelima) -Pilpres yang terpilih 2009 nanti harus memperkuat system dan memberi cermin serta bersikap tegas terhadap militer untuk mengayomi & polri untuk melayani semua lapisan “yang namanya manusia bukan binatang”.

    d/a : ZonaDapil V kec.gandus kel. Karang anyar/karang jaya bedeng bekas pak ambo.
    a/n : Altigunawan(iwan).

  30. pak, yusril / laksamana cheng ho Habis berapa dan negara mana yang mendukung ; tlg isi penjelasan di yusril izha mahendra ketik aja itu; google internet ( hanya ingin tahu sebagai pengemar anda kepada timses)

  31. saya belum tahu pisan nih..
    kumaha atuhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!

  32. yang nama negara demokrasi setiap orang no 1 itu punya masa kerja 1 periode tidak lebih.help politic in indonesia.

  33. Chengho memang hebat, Pak Yusrilpun juga cerdas. Biar ilmu dapat berguna untuk yang lain, tolong dong beri kritikan untuk tulisan saya di artkimianto.blogspot.com. Memang saya haus akan ilmu yang berfungsi untuk kebaikan baik yang bersifat keduniaan dan ukhrowi.

  34. as” kum bapa…. apa kabarnya saya ingin tahu selain pelakon tempatan cina,thailand dan hong kong mana lagi pelakon yang menjayakan rancangan bapa? terima kasih semoga aman semuanya as”kum

  35. Ngga nyangka politikus bisa main film.. hebat..

  36. wa pemimpin.
    Point 3 (ketiga) -partai diisi dengan point diatas untuk memcari pemimpin-pemimpin masyarakat untuk rakyat yang sudah teruji dan menepati janji” tidak ikutserta dalam kanca politik. Serta mencari jalan kerja sama dengan militer dan polri sebagai penengah antara parlemen & Negara.
    Point 4 (keempat) -negara & Agama mengakui kebebasan berpolitik serta Agama dan mendukung menghapuskan tekanan atau penjajahan diatas Dunia dan menjunjung tinggi pasal 28 UUD’45 untuk kepentingan politik di seluruh dunia.
    Point5 (kelima) -Pilpres yang terpilih 2009 nanti harus memperkuat system dan memberi cermin serta bersikap tegas terhadap militer untuk mengayomi & polri untuk melayani semua lapisan “yang namanya manusia bukan binatang”.

    d/a : ZonaDapil V kec.gandus kel. Karang anyar/karang jaya bedeng bekas pak ambo.
    a/n : Altigunawan(iwan).

    April 11th, 2009 at 12:17 pm

  37. wah…aku baru tau kalu bapak yusril juga bisa jadi aktor. ganteng aku liat difoto tuh. Bagus sekali pemilihan cerita nya. tikoh global, pasarannya juga nanti nggak tanggung-tanggung, bisa global juga kan?apapun, kisah laksamana cheng ho memang pantas diketahui masyarakat banyak. biar dunia melihat kalau yang jadi kepala adalah seorang muslim, wah, ternyata damai didunia. bukan kerjanya mengumbar teror diserata benua kayak amerik itu lohhh..

  38. saya lom sempet nonton nich….

  39. filmnya keren pak..

    salam kenal,
    Bolehngeblog

  40. ternyata aku ketinggalan banget, jadi pengen nonton nih….

  41. nohon info tuk beli dvd ini pesannya kemana ya?

  42. Nice post! This really helps me to find the answers to my question. Hoping that you will continue posting an article having a useful

    information. Thanks a lot!

Leave a Reply


Warning: include_once(/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/ads/innerpage_300x250.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/innerWideSidebar.php on line 11

Warning: include_once(): Failed opening '/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/ads/innerpage_300x250.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/innerWideSidebar.php on line 11