Warning: include(/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/plugins/different-posts-per-page/defines.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/yusril/public_html/yusril/wp-settings.php on line 2

Warning: include(): Failed opening '/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/plugins/different-posts-per-page/defines.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/yusril/public_html/yusril/wp-settings.php on line 2
YUSRIL: SAYA TAK PERCAYA TAK ADA MUATAN POLITIS DALAM KASUS SISMINBAKUM | Yusril Ihza Mahendra
|

YUSRIL: SAYA TAK PERCAYA TAK ADA MUATAN POLITIS DALAM KASUS SISMINBAKUM

Pernyataan Jaksa Agung Basrief Arief bahwa sejak awal tidak ada muatan politis dalam kasus korupsi Sisminbakum, dan langkah Kejagung adalah murni penegakan hukum dibantah¬† oleh Yusril Ihza Mahendra, salah seorang tersangka dalam perkara ini. “Mumpung sekarang, Kejaksaan sedang mengkaji ulang dan mendalami perkara ini, lebih baik mereka membaca dengan seksama semua surat dakwaan yang pernah mereka ajukan ke pengadilan” tegas Yusril. “Dalam dakwaan Yohanes misalnya, disebutkan dia melakukan perbuatan korupsi secara berlanjut, terus-menerus dari tahun 2000 sampai 2008″.

Dalam dakwaan disebutkan bahwa Yusril turut serta melakukan perbuatan tersebut bersama-sama dengan Yohanes”. Faktanya, Yusril sudah diberhentikan oleh Gus Dur sebagai Menkeh HAM sebelum Sisminbakum berjalan. Yusril diberhentikan tanggal 8 Pebruari 2001. Sementara Sisminbakum baru mulai beroperasi dibawah Menkeh HAM Baharuddin Lopa tanggal 1 April 2001. Selama kurun waktu tahun 2000 sampai 2008 ada Yusril, Baharuddin Lopa, Marsillam Simanjuntak, Mahfud MD, Hamid Awaluddin dan Andi Mattalata yang menjabat Menteri Kehakiman dan HAM. Mengapa hanya saya yang dinyatakan sebagai tersangka? Apakah ada kelalaian, atau kesengajaan, atau ada unsur politik dalam menentukan siapa yang akan diusut dan siapa yang tidak, ataukah saya memang sejak awal sudah menjadi target politik, seperti diungkapkan dalam dokumen Wikileaks” tanya Yusril.

Dalam dakwaan terhadap Zulkarnen Yunus dan Samsuddin Manan Sinaga disebutkan bahwa kedua nama terakhir didakwa karena meneruskan kebijakan Romli sebagai Dirjen AHU. “Kalau Zulkarnaen dan Samsudin didakwa bersalah karena meneruskan kebijakan Dirjen sebelumnya, maka apa alasan Kejagung untuk tidak menyidik Baharuddin Lopa, Marsillam Simanjuntak, Mahfud MD, Hamid Awaluddin dan Andi Mattalata. Bukankah semua mereka meneruskan kebijakan Yusril sebagai Menteri Kehakiman sebelumnya?”.

Kalau Kejaksaan Agung tidak dapat menjawab pertanyaan ini, “sampai matipun saya tak percaya tidak ada muatan politik dalam kasus Sisminbakum” kata Yusril. Karena itu “dengan segala hormat, saya mohon kepada Jaksa Agung untuk menjelaskan hal ini secara terbuka kepada publik”.¬† “Hanya mengatakan tidak ada muatan politik tanpa menjelaskan pertanyaan saya ini, statemen Jaksa Agung hanya sia-sia belaka”, demikian Yusril menutup keterangannya. (TYIM)

Cetak artikel Cetak artikel

Short URL: http://yusril.ihzamahendra.com/?p=596

Posted by on May 20 2011. Filed under Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

10 Comments for “YUSRIL: SAYA TAK PERCAYA TAK ADA MUATAN POLITIS DALAM KASUS SISMINBAKUM”

  1. Bang gmana kabarnya ?? Dah lama eng saya ga ikut nimbrung ngoment’ jadi gak tau kbrnya…
    Oh iya, saya tidak setuja sekali kalaw mereka mengatakan tak ada muatan politis di kasus simsinbakum. Ya, kalaw abang petani ataw apalah yg sepadan (bukan pejabat), baru sya percaya ma omongan mereka, he he

  2. Insya Allah itu adalah do’a dan janji Jaksa Agung ke depan, amiiin ..

  3. jaksa agung takut keluarkan stetman dan mengambil sikap sebelum ada bisikan ….. dari istana,,,

  4. Bismillah. Pa Basrif yang arief, anda jadi jaksa agung, langsung atau tidak langsung, karena ngototnya Hendarman Supanji yang hendak mengadili YIM karena sismibakum, menyebabkan dia dicopot dari jabatannya, dan anda yang menggantikannya. Harusnya anda belajar dari sejarah itu. Lebih baik bagi anda dan bagi bangsa yang bermartabat ini menghentikan kasus YIM. Negara akan kacau balau jika anda ingin teruskan kasus tersebut, karena sudah terang benderang YIM tidak bersalah. Bersama orang yang dizalimi kami akan terus menerus berdoa dan berdzikir agar pejabat yang zalim dihinakan Allah seperti Hendarman yang dicopot karena keputusan MK, dan juga anak buahnya yang dimutasi. Wassalam.

  5. salam,
    006. Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar.(al-israa)

  6. maklum dong bang, cukuplah abang ngertiin
    kalau ngejawab pertanyaan abang, entar dicopot

  7. luqman hakim djamhari

    Jaksa Agung RI harus buktikan bahwa tindakannya murni karena hukum bukan bermuatan politik ” pesanan ” dengan memeriksa seluruh pejabat Menteri Hukum dan Ham seluruhnya tanpa pandang bulu/terkecuali sehingga dengan demikian berlaku adil = lebih dekat kepada taqwa kepada Allah SWT = surga jika sebaliknya maka tidak taqwa dan bukan pintu surga yang dipilih Jaksa Agung yang aktif sekarang. tegakkanlah hukum walaupun pahit (diberhentikan oleh penguasa)

  8. Ass-mualaikum-wr-wb.
    Bang Allah selalu berserta orang-orang yang sabar dan terdzalimi, saya hanya perpendapat bahwa sekarang sudah cukup bahkan lebih bukti-bukti yang membuktikan bahwa Pemerintahan SBY melanggar UUD 45 otomatis melanggar konstitusi negara. Maka dapatlah ia kita ajukan ke Mahkamah Konstitusi, tuk selanjutnya…..wallahu a’lam….

  9. Sejak awal kasus ini memang sangat sarat dgn muatan politis. Dalam kasus sisminbakum ada diskriminasi hukum yg dilakukan dan ini sangat tdk fair.

  10. waqul jaa a alhaqqu wazahaqal baathila innal baathila kaana zahuuqa.

Leave a Reply


Warning: include_once(/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/ads/innerpage_300x250.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/innerWideSidebar.php on line 11

Warning: include_once(): Failed opening '/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/ads/innerpage_300x250.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/innerWideSidebar.php on line 11