Warning: include(/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/plugins/different-posts-per-page/defines.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/yusril/public_html/yusril/wp-settings.php on line 2

Warning: include(): Failed opening '/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/plugins/different-posts-per-page/defines.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/yusril/public_html/yusril/wp-settings.php on line 2
PASCA PENCABUTAN CEKAL, YUSRIL MINTA KEJAGUNG HENTIKAN SISMINBAKUM | Yusril Ihza Mahendra
|

PASCA PENCABUTAN CEKAL, YUSRIL MINTA KEJAGUNG HENTIKAN SISMINBAKUM

Yusril Ihza Mahendra mengakui bahwa pencekalan Kejaksaan Agung atas dirinya sudah berakhir tanggal 26 Desember kemarin. “Dengan tidak adanya perpanjangan dari Kejagung, maka berdasarkan Pasal 97 ayat (2) UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, maka pencekalan tersebut berakhir demi hukum” demikian ditegaskannya kepada pers pagi ini (Rabu 28 Desember 2011). Yusril mengatakan bahwa dia sudah menerima pemberitahuan resmi dari Direktorat Jenderal Imigrasi melalui surat  tanggal 27 Desember. Surat itu juga memerintahkan kepada seluruh jajaran imigrasi untuk mencoret namanya dari daftar cekal.

Setelah berakhirnya cekal, Yusril berharap Kejaksaan Agung akan menghentikan penuntutan kasus Sisminbakum yang menjadikan dirinya sebagai tersangka. Seperti diketahui, belum lama ini Kejagung menjanjikan akan mengambil keputusan akhir kasus Sisminbakum hari ini 28 Desember, setelah penyidikan kasus ini terkatung-katung sekian lama. Wajagung Darmono mengatakan ada tiga opsi penuntasan kasus ini, yaitu menghentikannya, meneruskan ke pengadilan atau mendeponir perkara ini.

Yusril mengatakan bahwa dengan bebasnya Romli Atmasasmita dan Yohanes Woworuntu sebagai terdakwa utama kasus Sisminbakum, maka sudah tidak ada alasan lagi bagi Kejagung untuk meneruskan kasus ini. Sudah dua kali Mahkamah Agung menyatakan bahwa tidak ada unsur kerugian negara dalam kasus ini, sehingga dakwaan korupsi sebagaimana dituduhkan Kejagung tidak terbukti secara sah dan meyakinkan. Kalau dua terdakwa utama tidak terbukti melakukan korupsi, maka peran dirinya selaku Menkumham yang dianggap  “turut melakukan” karena  “mengetahui, membiarkan dan memberi kesempatan” kepada bawahannya Romli selaku Dirjen Administrasi Hukum dan Yohanes untuk korupsi, dengan sendirinya menjadi gugur.”Ini adalah logika hukum, kecuali kita sudah kehilangan akal sehat”,  katanya menambahkan.

Yusril menambahkan, tidak ada alasan bagi Kejagung untuk memilih opsi mendeponir perkara ini. Dia juga menolak deponering, karena tidak ada alasan kepentingan umum untuk menghentikan dakwaan terhadap dirinya. “Kalau perkara dideponir, segala bukti dan alasan hukum untuk melakukan penuntutan telah cukup, namun dakwaan tidak diteruskan ke pengadilan karena alasan kepentingan umum” katanya menerangkan makna deponering. “Dalam kasus saya, bukti tidak ada dan alasan hukum juga tidak ada. Karena itu, tidak ada alasan untuk mendeponir perkara ini. Langkah yang paling tepat ialah menerbitkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara atau SP3” tegasnya. Bagi Yusril, langkah deponering adalah perangkap bagi dirinya. Dia menolak status dirinya disamakan dengan Bibit Samad Rijanto dan Chandra Hamzah, dua pimpinan KPK yang kasusnya dideponering Kejaksaan Agung.

Cetak artikel Cetak artikel

Short URL: http://yusril.ihzamahendra.com/?p=771

Posted by on Dec 28 2011. Filed under Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

43 Comments for “PASCA PENCABUTAN CEKAL, YUSRIL MINTA KEJAGUNG HENTIKAN SISMINBAKUM”

  1. Kader Muda Bulan Bintang

    Akhirnya terkuak semua kebenaran itu…

    selamat Prof.Yusril Ihza..

  2. ”Ini adalah logika hukum, kecuali kita sudah kehilangan akal sehat”…
    Mudah2an yang sudah kehilangan akal sehat diberi hidayah oleh allah untuk segera menemukan akal sehatnya kembali(Kejagung)

    For Prof. YIM, “It’s pay back time!!!”

    YIM for the next president…

  3. Selamat atas kesabaran dan kegigihan untuk menegakkan kebenaran. Semestinya pemerintahan ini koreksi diri, untuk tidak menggunakan kekuasaan untuk menghambat lawan. Justru saya makin yakin, pemerintahan ini tidak dibangun dengan staff yang profesional, hanya yang opportunis, hanya untuk buat senang atasan. Salut saya untuk Bang Yusril, semoga kita akan memiliki lagi pemimpin masa dengan yang berpikir secara utuh dan legal. Salam

  4. Sekadar mengingatkan kembali Profesor, langkah menuju tujuan sesungguhnya masih panjang dan tentu lebih berat. jaga stamina dan siapkan peluru dan jurus-jurus baru yang lebih jitu, ‘Presiden Republik Indonesia 2014-2019’.

    Fa idza azamta fatawakkal ‘alaa l-llah,
    Fa idza faraghta fanshab!

    Wassalam.

  5. KEJAGUNG TIDAK PUNYA ALASAN LAGI MELANJUTKAN PERKARA INI… PENGETAHUAN HUKUM ORANG2 KEJAGUNG SANGAT MEMPRIHATINKAN.. KOK PAK MAR_EFF NYURUH BUNG YUSRIL BELAJAR HUKUM PIDANA KE JAKSA.. PENTOLAN JAKSA AJA GAK PAHAM HUKUM..HEHEHEH

  6. mendukung 100%

  7. Buat Kejagung : ” Kejagung yang baik hati, udahlah ga usah neko-neko lagi mendingan kita bergandeung tangan, menuntaskan kasus yg jelas daripada hanya sekedar mengikuti permainan politik atasan anda (esbey). Kalau diteruskan, kayanya ‘bakal jadi pikaseurieun’ rakyat. Ulah lah, ngera-ngera karep”

    Buat Bang YIM : ” Bang, maafin ya kejagung, ya maklumlah mungkin mereka masih puber (he he), toh nanti juga “penyelesaian kasus ini” bakal jadi pelajaran buat mereka.

    Buat YIM-er : ” saya bahagia, anda semua tetap setia mendukung bang YIM. Satu pesan saya : Ayo Dukung Bang YIM jika nanti beliau berkesempatan mencalonkan diri menjadi PRESIDEN 2014. Harapan, smoga tuhan meridhoi kebersamaan kita, selamanya.. Aamiinn…

  8. Horeeeeeeeeeeeeeeeee Bintang Cheng Ho kita tlah bebas dri pencekalan dan dari rekayasa pembunuhan karakter, Allah melihatkan Kekuasa’a-Nya yg benar ttap benar yg mempolitisir tetap kalah… Bang YIM, klo keluar negeri ajak aq y? hehehee Kami para pangagum abg siap mndukung to Presiden 2014 selamat, selamat bang YIM…..

  9. Alhamdulillah..
    Semoga Allah SWT. melindungi bapak dari fitnah dunia. Aamiiin.

  10. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin,
    segala puji bagi Allah Rab seluruh alam,,

    akhirnya mulai ada titik terang,
    Yakin Usaha Sampai…
    Amiin

  11. Alhamdulillah..
    Kalau PBB berjuang seperti Bang Yusril ini gigihnya saya yakin PBB bisa besar.

  12. Assalamualaikum Wr. Wbr.

    Alhamdulillah Selamat ya Bang YIM.

  13. Selamat, lanjutkan perjuangan Bang, didepan masih banyak jalan yg terjal yg akan menghambat perjuangan abang, krn penguasa sekarang tdk rela kalau abang bisa bebas…trus maju…?

  14. Bismillah. Bukan hanya logika hukum dan akal sehat yang diperlukan kejagung dalam menghentikan kasus sismibakum tapi keadilan dan kebenaran yang harus mereka kedepankan. Sudah jelas asas keadilan dan kebenaran selama ini dikesampingkan,membuat yim yang jelas jelas tidak bersalah dan tidak terbukti melakukan tindakan korupsi telah dizhalimi kejagung dengan mengulu ulur kasus, termasuk memperpanjang cekal. Alhamdulillah kekuasaan kejagung dan menkumham dalan soal cekal telah dirontokkan oleh kekuasaan Allah yang berpihak kepada hambanya xang dizhalimi. Kita patut beryukur dan mengucapkan selamat pada yim yang telah bebas dari satu belenggu hukum kejagung dan insya Allah kita doakan akan bebas pula dari belenggu hukum yang satunya dengan keluarnya SP3 dengan ijin dan kekuasaan Nya. Amin. Wassalam.

  15. wayahna we kudu asak hampura …
    da maklum jaksa agung mah maklumeun jeung hampuraeun
    urang nu kudu sabar …..
    mudah2an we sing saladar ulah ngazoliman wae ka ummat Islam teh …

  16. Fa idza azamta fatawakkal ‘alaa l-llah,
    Fa idza faraghta fanshab!

    Innamaal usri…yusraa…,
    Alhamdulillah….;

    kami tunggu abang road tour….ke daerah….

  17. alhamdulilLah,,,,

  18. SETELAH MEMBACA BERITA-BERITA YG MENYANGKUT PERNYATAAN2 PETINGGI KEJAGUNG TERNYATA MEMANG BENAR2 AROGAN.!!!MEREKA MENCARI CARI CELAH GIMANA POKOKNYA BUNG YUSRIL HARUS DIHUKUM… PADAHAL SUDAH KASAT MATA KASUS INI SDH HARUS DI SP3KAN… NAMPAK WAJAH PENEGAK HUKUM KITA MASIH SURAM, KEJAGUNG MENENTUKAN KASUS INI DENGAN CARA MENGHITUNG KANCING LANJUT-DEPONIR-SP3. ORANG AWAM JUGA TAHU KALAU KASUS INI SP3 KARENA MEMANG DARI AWAL PENUH REKAYASA. SABAR AJA BUNG KALAU KASUS INI BERLANJUT SAMPAI 2012.. BUBARKAN SAJA KEJAGUNG KARENA KERJA BAGAIKAN ROBOT GAK PAKAI OTAK, KERJA ATAS PESANAN PENGUASA.

  19. Bang YIM…
    saya secara pribadi mendukung Abang sepenuhnya
    untuk jadi Presiden RI 2014 – 2019

    Semoga Sukses Bang…

  20. tidak sabar agar segera ada pemimpin baru, presiden baru.

    Salam.

  21. pejabat kejagung ude pade pikun kali ye, karene sebentar lagi mo pensiun, ditambah makin ketauan kerjanye kage profesional urus sismibakum, die lupe same cekal yim, atawe emang ude pade ketakutan bakal copot jabatannye dalam waktu deket, makenye die kage berani cekal yim lagi, apalagi si darmono dan marwan yang sok pinter and keblinger, masih ngomong aje, soal lanjutin perkare, supaye cukong mafia hukum yang ngongkosin dan esbeye yang paling bertanggung jawab ngezalimin yim seneng, padahal ude jelas tuduhannye kage bener, tidak ade bukti, harusnye yim dibebasin, ntar lo alloh yang bebasin dan mereka terguling, makenye aye inget kate yim dulu, ente jual ane beli, alhamdulilah satu demi satu ude dibeli yim, antare lain copotnye hendarman, esbeye harus jadi saksi and bebas dari cekal, allahu akbar….

  22. Apa yg diputuskan kejagung sesuai janjinya utk tuntaskan kasus Sisminbakum pd akhir tahun 2011 ini… Atau masih panasaran menggantungnya hingga akhir Th.2012 xya?… seringkali kejagung pendusta Publik, itulah contoh oknum termakan sumpah serapah dari masyarakat yg ditipu dayanya. hehe.

  23. assmkm wr wb
    setiap kampanye dikampus2, bang Yusril selalu berkata tentang penegakan “Sistem”.bicara sistem otomatis bicara undang2 dan hukum(bukan maksud anemenggurui lho,,).dan sistem/hukum harus di tegakkan.contoh:apabila tetangga kita melanngar hukum harus kita laporkan.yg jadi masalah adalah kalo tetangga kita melanngar hukum dan kita laporkan apa kita sebagai manusia”Tega”?tapi kalo tidak dilaporkan dia(tetangga kita bersalah dan tidak mendapatkan hukuman yg setimpal).apa yg harus ane perbuat?kalo kejagung aj seperti it?ini hanya contoh di tingkat bawah.wassalam.wr.wb

  24. Kita-kita curiga atas langkah Kejagung yg janjinya Nihil melulu tuntaskan kasus Sisminbakum diakhir tahun 2011 ini, karena jelas mayoritas oknum Kejagung itu adalah Ras PKI Orla yg tdk lulus Screaning utk memangku suatu jabatan strategis di instiusi Kejaksaan tsb…maklum system penerimaan reformasi ini salah satu dampaknya asal rupa orang saja yg diterima sementara mentalnya PKI. betul tidak???

  25. bismillah. Ada ustadz tanya kenapa yim beri ucapan slamat natal dan tahun baru? Apa sungguhan atau ulah orang lain? Wassalam.

  26. kepada kajagung, apa yang membuat anda berlama-lama untuk menerbitkan sp3 atas pak yusril, bukankah semua pintu dan celah penuntutan anda sudah tertutup sbb tidak ada bukti dan alasan untuk itu, kecuali jika mata hati anda sudah buta maka hasilnya rekayasa.

  27. “katakan kebenaran itu walau terasa pahit”. dan kini perjuangan itu telah akan sampai pada hasilnya. semoga segera SP3 bang!
    yakin usaha sampai

  28. Ya namanya saja “kasus pesanan” bukan tipikor murni, ya tukang-nya (jaksa agung cs) juga tergantung yang memesan. Penghentian kasus ini kalau SBY sudah tidak jadi presiden lagi, krn meski tampak baik dimuka, didalam hati SBY bencinya minta ampun tak terkira terhadap YIM, sabar saja bung….

  29. Insya allah sahabat2 YIM di seantero nusantara ini…. biarlah kita kagak usah menunjuk orang dibalik layar yang mendzalimi bang YIM…..siapa-siapa nya……; Shabar dan tawakal aja…..

  30. Insya allah sahabat2 YIM di seantero nusantara ini…. biarlah kita kagak usah menunjuk orang dibalik layar yang mendzalimi bang YIM…..siapa-siapa nya……; Shabar dan tawakal aja…..

    Karena ada yang MAHA TAHU…. YANG AKAN MEMBALASNYA, YANG PENTING KITA DOAKAN… BANG YIM SHABAR…IHLAS…DAN …TAWAKAL…

  31. @hilmantasik, anda sudah banyak sebarin virus ke teman-teman bang YIM, sekarang @23 ngomong mau mengkaburkan masalah, anda jelas bukan orang yang simpatik dan pro bang YIM

  32. kami mengharapkan & mendukung bapak Prof. Yusril Ihza Mahendra untuk maju sebagai calon Presiden RI 2014..

  33. Luar biasa permainan elite eksekutif dlm indikasi pembenaman (bunuhkarir) Mr. YIM…pihak Kejagung hanya bersikaf robot tanpa arah selain Komando dari pembisik pihak dibalik layar Istana; “Persoalan cekal cuekin aja, karena Mr. Yim udh ribut uji materi di MK… ntar dampaknya meluas tau bagi yg lemah utk dicegah”, kata team pembisik. hehe…. “Demikian juga Soal sisminbakum utk beberapa tahun digantung seumur hidup, biar Darmono aja yg berdiplomasi dg wartawan, pokoknya jawab yg munafik aja dah!” Itulah percontohan absuurrr.

    Sungguh kotor dlm pembersihan, politik kejam berlandas sintiment jo dendam, simbol topeng dalil Hukum utk menjerat lawan berseberangan….Tragis & ironis. Diam itu emas, tpi sungguh berat jika diserang, banyak ngomong banyak salah…Kualitas manusia Bangsa kita mayoritasnya rendah dlm akhlak, Ilmu & skill…. Tetap waspada buat Mr. YIM. terhadap musuh dlm selimut.

  34. Selamat bang, semoga nama baik bang akan cepat pulih. Wass

  35. To Pak Yusril,

    Don’t worry Pak you will be cleared of all charges.
    TRUTH WILL STAND OUT OF ERR.

  36. Saya setuju Surat Penghentian Penyidikan Perkara atau SP3.

    Salam

  37. SELAMATUNG YIM, semoga anda selalu dalam lindungan ALLAH SWT

    menyambung apa yang disampaikan Bung YIM ; Kalau Romli dan woworuntu sudah dibebaskan dengan sendirinya kasus ini menjadi gugur, kecuali kita sudah didak memiliki akal sehat;. Yang menjadi masalah Bunung YIM, apakah KEJAGUNG DAN KRONINYA masih mempunyai akal sehat ? Kalau sekiranya mereka mempunyai akal sehat harusnya sudah sejak lama kasus ini dihentikan. Sudah sejak lama Kejagung mengatakan keputusan MA akan dipelajari, gelar kasus, sedang ditelaah dan sebagainya, tapi sampai hari ini kita tidak pernah melihat kesimpulan atas apa yang mereka katakan. Kalau kita lihat dan kita dengar apa yang disampaikan oleh Marwan Effendi yang mukanya sudah tidak bercahaya itu,sepertinya sengaja kasusi ini di gantung supaya bung YIM TERSANDRA, karena mereka takut kalau Bung YIM terpilih menjadi RI I merekaa akan binasa. Yang mnjadi Pertanyaaan saya kalau menurut hukum SAMPAI BERAPA LAMA KASUS INI DIBIARKAN/DIGANTUNG TANPA PROSES ATAU TANPA SP3 ??????kalau bisa mohon dijawab Bung YIM.

    Semoga Allah bersama orang@ yang benar. Amin

    Wassalam

    Azis

  38. Izinkanlah saya ingin menyambung komentar dari saudara Aziz,

    Orang-orang yang begitu menurut Qur’an adalah orang-orang yang luar biasa. Begini Qur’an melukiskan keluar-biasaan mereka itu dengan terus-terang (7/179):
     Lahum quluu bulla yafqahuuna bihaa = “mereka mempunyai hati tetapi tidak dipersiap-siagakannya untuk memahami”.
     Walahum a’yunullaa yubshiruuna bihaa = “dan mereka mempunyai mata tetapi tidak difungsikannya untuk melihat”.
     Walahum aadzaa nullaa yasma‘uuna bihaa = “dan mereka mempunyai telinga tetapi tidak dikerahkannya untuk mendengar”.
     Ulaa ika kal an ’aamibal hum adhal = “mereka itu sebagai binatang ternak bahkan terlebih sesat”.
     Ulaa ika humul ghaafiluun = “mereka itulah orang-orang yang lalai”

    Keluar-biasaan mereka itu ialah:
    kal an ’aamibal hum adhal = “bagai binatang ternak bahkan terlebih sesat!”. Bukan orang sebenarnya, cuma tampangnya tampang orang, tetapi mutunya mutu binatang ternak. Allah menamai mereka al-ghaafiluun = orang-orang yang lalai yang telah membunuh dan menyia-nyiakan daya dan kemampuan yang dikaruniakan Allah kepadanya dan tidak memfungsikannya untuk meneliti kebenaran dan petunjuk sehingga jadilah dia bagaikan binatang ternak yang tidak memiliki kemampuan apa-apa untuk mengenal kebenaran.
    Dan memang al-Qur’an diturunkan untuk orang, bukan untuk binatang ternak atau semacam binatang ternak. Wallahu a’alam bissawab…

  39. Pa Yusril, gimana tanggapan anda terhadap kasus ditolaknya PK Antasari ? seru kayanya kalo di bahas pa, thx.

  40. sudah dua bulan saya dan mungkin juga ratusan lainnya setiap hari mengunjungi halaman ini , menanti tulisan tulisan yg bisa menjadi aspirasi , tapi sampai hari ini saya masih kecewa , bung Yusril belum bersedia menyapa kami semua

  41. Alhamdulillah sejak awal saya juga yakin.. pak Yusril Bersih….

  42. JANGAN MAU DI DEPONERING PAK……

Leave a Reply


Warning: include_once(/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/ads/innerpage_300x250.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/innerWideSidebar.php on line 11

Warning: include_once(): Failed opening '/home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/ads/innerpage_300x250.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/yusril/public_html/yusril/wp-content/themes/Transcript/innerWideSidebar.php on line 11