- Yusril Ihza Mahendra - https://yusril.ihzamahendra.com -

FOTO HANTU DI BANDARA, BENERAN ATAU BOHONG-BOHONGAN?

[1]

Catatan 1  : Ada info tambahan dari seorang rekan, tampaknya gambar diatas dibuat menggunakan aplikasi dari BB, jadi terlihat seperti asli. Jika ada yang bisa menjelaskan soal aplikasi ibnux, silakan disampaikan di kolom komentar.

Catatan 2 : Confirmed, foto diatas hasil pekerjaan iseng. Bagi yang ingin iseng “ngerjain teman” baca link ini : http://si.ibnux.net/2010/08/ghost-camera-untuk-blackberry.html [2]

Ceritanya tadi malam Kamis 14/7/2011 sekitar jam 10.30 saya berada di  Bandara Sukarno Hatta menunggu teman yang datang dari Singapore. Mereka mendarat jam 10.45 dengan Singapore Airline. Sedang saya memperhatikan layar tv tentang keberangkatan dan kedatangan pesawat, seorang wanita penjaga toko batik di terminal keberangkatan, nampaknya mau mengambil foto saya. Saya katakan “sebentar ya”  dan saya bergerak melangkah. Rekan saya, Ahmad, petugas Imigrasi yang menemani saya kemudian melihat ke bawah. Wanita itu mungkin ingin mencoba kamera handphone yang dipegangnya untuk membuat foto tempat saya berdiri. Selesai membidikkan kameranya, wanita tadi nampak terkejut melihat apa yang ada di layar foto handphonenya, karena ada foto makhluk misterius, entah apa. Saya, yang memakai baju putih dan celana hitam, nampak sedang melangkah di belakang. Sementara Ahmad, yang berseragam imigrasi, nampak juga di belakang sedang melihat ke arah bawah.

Ahmad dan saya serta wanita itu sama-sama keheranan melihat foto tersebut. Wanita itu memberikan foto tadi kepada kami. Sampai hari ini (Jum’at 15/7/2011) saya masih terheran-heran melihat foto seperti jenazah yang memakai kain kafan, namun berdiri dan ternyata fotonya menembus latar belakng benda-benda yang ada di sana. Saya tidak tahu foto apa ini, apakah foto beneran atau hanya rekayasa belaka. Kalau hantu beneran, saya kurang percaya bahwa hantu dapat difoto. Kalau ini rekayasa, tentu ini sekedar lelucon belaka. Orang yang ingin ngerjain saya akan kecele, saya takkan mudah percaya sama hantu-hantu.

Saya kurang mengikuti perkembangan teknologi foto melalui teknologi kamera yang berkembang akhir-akhir ini. Mudah-mudahan ada teman yang dapat menjelaskan hal ini.

Di atas tulisan ini sudah ada dua catatan yang diberikan teman saya. Mungkin dia benar, ada cara merekayasa foto seperti di atas.***