- Yusril Ihza Mahendra - https://yusril.ihzamahendra.com -

JAKSA AGUNG KELIRU TENTANG SYAMSUDIN MANAN SINAGA

Saya ingin meluruskan ucapan Jaksa Agung Basrief Arief usai shalat Jum’at 13 April lalu bahwa 3 dari 4 terdakwa Sisminbakum sudah dibebaskan oleh Mahkamah Agung dengan menyebut nama Syamsuddin Manan Sinaga. Ucapan Basrief itu tidak benar. Dalam kaitannya dengan saya dan Hartono, yang didakwa¬† secara bersama-sama hanya Romli Atmasasmita, Yohanes Woworuntu, Zulkarnain Yunus, Yusril Ihza Mahendra. Hartono Tanoesoedibjo dan Ali Amran Jannah.

Syamsudin Manan Sinaga tidak didakwa bersama-sama 6 orang tersebut. Dia didakwa terpisah, karena menjadi Dirjen di bawah Menkumham Andi Mattalatta. Karena itu mengaitkan Syamsudin dengan 6 terdakwa dan tersangka lainnya jelas keliru. Seharusnya Basrief membaca dakwaan dengan seksama, bahwa 3 dari 6 kasus Sisminbakum sudah dibebaskan. Tidak ada alasan untuk menunggu putusan Zulkarnain, yang sekarang sedang mengajukan PK, karena dia tidak didakwa bersama-sama dengan tiga orang yang sudah dibebaskan.

Saya merasa kasus Sisminbakum ini telah berlarut-larut empat tahun lamanya sejak tahun 2008. Dengan bebasnya tiga orang terdakwa, sudah saatnya Kejagung menghentikan penuntutan kasus ini, karena tokh akhirnya akan dibebaskan juga oleh pengadilan. Sisminbakum bukanlah korupsi seperti diduga Kejaksaan Agung. Basrief harusnya melihat kasus ini murni hukum, sehingga kalau tidak ada alat bukti dan alasan hukum, harusnya demi hukum dihentikan saja. Kalau masih digantung-gantung, susah bagi Kejagung untuk mengelak kalau kasus ini ditunggangi oleh berbagai kepentingan bisnis dan politik, yang tak ada kaitannya dengan penegakan hukum.