|

YUSRIL INGATKAN KEJAGUNG JANGAN COBA-COBA RUBAH SK CEKAL YANG SUDAH JADI SENGKETA DI PENGADILAN

Yusril Ihza Mahendra mengingatkan Kejagung agar jangan coba-coba merubah Surat Keputusan pencekalan dirinya yang nyata-nyata salah dan melawan hukum untuk menyesuaikannya dengan UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. “Kemarin saja Wajagung Darmono berkeras mengatakan bahwa keputusan cekal yang mereka buah sah, meskipun menggunakan  UU No 9 Tahun 1992, meskipun sudah dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi” kata Yusril mengingatkan. Perubahan itu justru akan mencoreng bukan saja wajah Wajagung Darmono, tetapi juga seluruh jajaran Kejagung, yang menunjukkan ketidakmampuan  mereka menjalankan hukum.

Yusril mengaku mendapat informasi petang ini bahwa Kejagung sedang memproses perubahan SK cekal yang mereka buat. “Kalau suatu keputusan pejabat tata usaha negara telah menjadi sengketa di pengadilan, mereka tidak bisa mencabut SK itu seenaknya. Domain pencabutan kini sudah berada di tangan pengadilan” tegas Yusril. “Nanti pengadilan yang akan memutuskan SK tersebut harus dibatalkan atau tidak. Saya yang menggugat, maka Jaksa Agung yang harus mempertahankan argumentasinya. Biarkan semuanya berjalan secara fair, sehingga nanti akan ketahuan siapa yang benar siapa yang salah”,  tambah Yusril.

Kalau Kejaksaan Agung merubah SK tersebut, Yusril akan memperkarakannya kembali di Pengadilan Negeri, yakni apakah tindakan perubahan itu bisa dibenarkan atau tidak menurut hukum. “Kalau Kejagung ngotot mau merubah, itu menandakan kecerobohan dan kebodohan mereka sendiri”

Yusril mengajak Jaksa Agung dan seluruh jajarannya untuk taat kepada hukum dan menghormati proses peradilan. Hukum tidak boleh tunduk pada kekuasaan yang sewenang-wenang. “Apalagi Wajagung Darmono yang sebentar lagi akan pensiun. Setelah pensiun nanti beliau baru tahu apa arti kehidupan jadi orang biasa tanpa kekuasaan, saya kuatir nanti beliau menyesal” kata Yusril.

Cetak artikel Cetak artikel

Short URL: https://yusril.ihzamahendra.com/?p=615

Posted by on Jun 28 2011. Filed under Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

11 Comments for “YUSRIL INGATKAN KEJAGUNG JANGAN COBA-COBA RUBAH SK CEKAL YANG SUDAH JADI SENGKETA DI PENGADILAN”

  1. Assalamu’alaikum,
    Terus berjuang Bang, tegakkan kebenaran jangan sedikitpun surut kebelakang, kami selalu mendukungmu.
    dengan demikian memang sebaiknya yang jadi pemimpin di negeri ini adalah orang yang tegas menegakkan hukum, oleh karenanya saya berpendapat mereka yang mengerti hukumlah yang pantas menjadi pemimpin. Karena psti ia akan memimpin dengan pandangan hukumnya yang jelas sehingga tidak ragu-ragu lagi.
    Selamat berjuang bang!

  2. Mantap bang!!….Saya salut sekali dengan keberanian anda. Keberanian untuk berjuang habis-habisan saat anda merasa benar. Mungkin ada yang tak suka dengan gaya anda beretorika, tapi saya kagum luar biasa pada abang. SALUUT. MAJU TERUS BANG YUSRIL!!

  3. Pukulan telak bertubi-tubi datang dari sang Prof. Semakin terlihat kebodohan aparat hukum negeri ini. Sudah seharusnya Presiden mencopot seluruh jajaran/petinggi Kejaksaan dan KemenkumHAM seperti yang disarankan Prof. Salut Prof…!!

  4. Bismillah. Wajah buruk hukum di negeri ini semakin diperparah dengan kinerja aparat kejagung yang semberono dalam memperpanjang cekal YIM. Belang mereka semakin terbuka, apakah murni membela yang benar, atau membela yang bayar. Saya khawati karena tekanan politis, ekonomis, tidak murni yuridis, apa lagi sudah terlanjur terima fulus dan supaya tidak dibongkar oleh cukong mafia hukum karena mau pensiun, syahwat dan kezaliman dikedepankan. Hati hati pa Basrief dan pa Darmono. Kehinaan akan didapatkan terus menerus bagi orang yang zalim. Kehinaan apa yang ALLAH akan berikan pada mereka? Hari hari ke depan akan ada tontonan gratis di pentas politik kita. Wassalam.

  5. Pak Yusril, adalah orang yg langka di Indonesia, luar biasa !!!

  6. Mantap Bang YIM, nanti dah pensiun semua, termasuk atasan nya “nomor wahid’ kasih pelajaran hukum biar mereka betul2 menyesal…

  7. wah lha mendah nek wong cilik sik keno kasus hukum, mesthi ra iso ngopo ngopo. Ayo prof kasih pelajaran penegak hukum kita..

  8. Kejagung kena batunya
    Lanjutkan Prof. Yusril

  9. Lawan terus Bang YIM, kebenaran tidak akan pernah berpihak pada yang salah

  10. Allah, jangan tunda siksa-Mu kepada orang yang mengkhianati hati nur’ani..
    Allah, bukakan pintu hati mereka..AAmiin…

  11. Ayo bang, ajari kita-kita Hukum, biar Negara lebih teratur…., Buat kolom belajar hukum …!!!

Leave a Reply